Inova pun kalah sama siput


Inova saja kalah sama siput. Apalagi suzuki espass dan truk-truk. Mungkin siputnya sakti.Berbicara tentang siput sakti mungkin hanya ada di Leuwiliang.  


Leuwiliang, Ada yang sudah mendengar kota ini.  Sebagai gambaran singkat Leuwiliang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bogor tepatnya Bogor Barat.  Menurut semantiknya Leuwiliang terbagi menjadi dua kata yaitu Leuwi yang berarti sungai dan Liang yang berarti lubang.  Jadi secara semantik maka Leuwiliang dapat diartikan sebagai sungai yang ada lubangnya atau lubang dalam sungai. 

Sungai tersebut bernama Cianten. Inilah gambar sungai yang dimaksud.Tetapi mungkin sekedar mitos atau belum ada penelitian mendalam dimana tepatnya lubang di sungai ini. Sungai yang terlihat begitu dangkal tetapi saat hujan tiba maka jangan coba coba untuk menyebrangi sungai ini. Sungai ini mungkin seperti sungai pada umumnya di Indonesia khususnya di pemukiman padat penduduk maka tak pelak menjadi tempat pembuangan sampah favorit.

Untuk menyebrang sungai maka terdapat jembatan, karena berlokasi di leuwiliang maka namanya pun jembatan Leuwiliang. Biasanya saat musim kampanye maka jembatan ini akan semakin rame dengan atribut partai dari mulai bendera, umbul-umbul, spanduk dan sticker. Jika dari arah Bogor maka Jembatan ini akan dilewati sebelum kecamatan Lewiliang.
Jika anda berhasil melewati jembatan ini dengan selamat maka yang akan menyapa anda sebelum sampai ke Leuwiliang adalah kemacetan.  Maka kiranya tepat jika kecamatan ini saya sebut sebagai "kecamatan kesabaran" bagaimana tidak kemacetan parah merupakan langganan dari Leuwiliang.

 
Kemacetan telah dimulai pada pukul sembilan pagi dan mereda pukul 12 siang sampai 13 siang dan akan kembali macet setelahnya.



Sebagai contoh dari Cibinong ke Rumah saya yang ada di Leuwiliang lebih dikit yaitu di Jl. Warnasari no 8 maka dibutuhkan 3 jam. Lama ya tapi yang ajaib adalah dari Cibinong ke Leuwiliang butuh waktu satu jam sisanya yang dua jam. Berikut adalah gambarannya.  

Dari kemacetan ini maka ada beberapa tersangka yang harus dibenahi :
1. Angkot (Angkutan Kota)
Sebagai kecamatan Bogor maka kecamatan ini juga ketularan seribu angkot. Dari gambar dibawah ini untuk satu jalur saja ada tiga angkot yang ngetem. 










2. Trotoar yang digunakan jualan.
Pedagang Kaki Lima

Parkir motor.

 Parkir Becak


 3. Jalanan sebagai Terminal
Jika anda melihat gambar di bawah ini maka mungkin anda beranggapan ini adalah sebuah terminal tetapi tidak ini adalah jalan utama di Leuwiliang



 "Jadi ternyata bukan siputnya yang sakti tapi inovanya tidak bisa bergerak"








Komentar

  1. mantap bos pembahasannya..kalo bisa rekoment tempat wisata yg ada d leuwi liang..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer